-->

CARA RISET KATA KUNCI DENGAN GOOGLE ADWORDS KEYWORD PLANNER

Jika Anda melakukan pencarian suatu informasi atau hal lain dengan mengetikkan sebuah kata kunci di pencarian Google, Yahoo atau mesin pencari lainnya, tentunya anda akan melihat sederet daftar situs yang relevan dengan sesuatu yang cari. Mesin pencari akan mengurutkan hasil dari pencarian tersebut, terstrukturnya mesin pencari ini bukan disebabkan urutan suatu abjad akan tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas situs tersebut, jika situs tersebut mempunyai tingkat relevansinya tinggi otomatis situs tersebut akan berada pada urutan yang paling atas, begitu juga jika sebaliknya.

Banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari dalam menentukan kedua faktor tersebut. nah Ini dia yang melatar belakangi situs tersebut SEO apa tidaknya. oleh karena itu, sebelum kita masauk dalam pembahasan cara riset keyword dengan google adwords keyword planner kita harus tahu dulu apa itu SEO dan konsep dasarnya.

riset keyword

Apa Itu Seo

SEO atau SearchEngine Optimization adalah sebuah usaha untuk mengoptimasi situs pada mesin pencari agar mendapatkan peringkat teratas pada google search dan lebih baik di hasil pencarian google atau yahoo. Perlu anda ketahui bahwa dalam mesin pencari seperti gogle ataupun yahoo itu akan menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan situs-situs berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO ini, berarti Anda menyesuaikan situs Anda agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Sejak munculnya mesin pencari seperti Google ataupun yahoo, hampir semua orang mencari sebuah informasi secara online melalui search engine. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, situs yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik akumulatif sebesar lebih dari 50%. Dan peringkat pertama mendapatkan lebih dari 20%. Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk situs anda, dengan bantuan SEO, Anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari tanpa harus mengeluarkan uang untuk iklan. Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi baik itu informasi mengenai produk ataupun yang lain.

SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era  digital. Pemasaran inbound, termasuk SEO merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Konsep Dasar SEO

Google dan mesin-mesin pencari lain pada dasarnya merupakan sebuah produk. Mereka ingin agar pengguna puas menggunakan layanan mereka. Pengguna menginginkan supaya situs terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna. Jadi inti dari SEO u sendiri itadalah menjadikan situs anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan.

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen inilah yang akan menentukan seberapa baik situs Anda secara SEO. Komponen ini pula lah yang menentukan urutan rangking di hasil pencarian search engine.

Secara singkat, inilah yang perlu Anda pelajari untuk menguasai SEO.
  1. Riset kata kunci (Keyword research)
  2. Menganalisa kompetisi
  3. Membuat konten yang teroptimasi
  4. Mengoptimasi halaman situs
  5. Membangun popularitas, link, dan reputasi
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO

Secara sederhana, enam inti ini yang harus Anda pelajari untuk melakukan optimasi situs dengan teknik SEO. Meskipun sebenarnya ilmu SEO itu sangat luas, namun semuanya bermuara pada 6 poin di atas.

Tujuan dari melakukan riset keyword

  1. Mengetahui jumlah pencari.
  2. Mengetahui kekuatan saingan.

Pentingnya Melakukan Riset Keyword

Melakukan riset kata kunci merupakan ujung tombak dari optimasi situs dengan teknik SEO. Ibarat sebuah bagunan, melakukan riset kata kunci ibarat pondasi dari bangunan tersebut. Jika pondasi benar dan kokoh maka bangunan tersebut akan kuat. Namun jika pondasi lemah, maka bangunan akan roboh.

Demikian juga dengan sebuah situs atau website. Jika Anda melakukan riset kata kunci dengan benar maka situs Anda akan kuat untuk jangka panjang. Begitu pula sebaliknya, jika keliaru dalam melakukan riset kata kunci di awal-awal membangun situs, maka situs Anda di pastikan akan gagal dalam artian sepi pengunjung. Bahkan para master SEO sekalipun tetap melakukan riset kata kunci sebelum membuat sebuah situs baru.

Riset keyword dengan Google adwords Keyword Planner

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini admin ingin berbagi sedikit mengenai cara melakukan riset keyword menggunakan Google Adwords Keyword Planner. Dalam benak kita muncul pertanyaan kenapa harus pake itu, kan tool yang menyediakan riset keyword itu banyak?..Alasan kenapa Admin melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Keyword Planner adalah GKP atau Google Keyword Planner merupakan salah satu tool terbaik yang menyediakan fitur-fitur yang lengkap dan alasan yang paling mendominasi adalah tool tersebut bisa diakses secara geratis loh, ini dia yang dicari-cari sudah fiturnya lengkap, mudah dalam penggunaanya geratis pula, siapa sih yang gak mau mencoba?..geratis loh !...

Baiklah kita masuk dalam pembahasan. Untuk melakukan riset kata kunci ini caranya sangatlah mudah, perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Silahkan Anda login terlebih dahulu di sini: https://adwords.google.com/KeywordPlanner
  2. Setelah Anda berhasil masuk awas jangan sampai salah dalam memilih, jika salah pilih maka Anda akan di bawa ke Google Ads (google periklanan), karena kita akan melakukan riset keyword planner maka silahkan lihat gambar di bawah dan ikuti langkah-langkah yang di tandai dengan tanda panah pada kotak warna merah 
    google adword
  3. Kemudian akan muncul popap seperti dibawah ini, silahkan isi seperti yang sudah admin tandai dengan tanda panah dan kotah merah 
    google Ads
  4. Setelah itu silahkan pilih ikon obeng (fitur) dan pilih keyword planner seperti gambar di bawah
    google keyword planner
  5. Silahkan pilih: Alat >> Temukan Kata kunci baru, atau dapatkan volume penelusuran perkiraan 
  6. Masukkan keyword yang Anda inginkan. Anda juga bisa masukkan lebih dari satu. Untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci gunakan koma atau line break. Tapi untuk hasil maksimal, masukkan satu kata kunci saja.
  7. Atur negara target
  8. Pilih bahasa
  9. Klik ‘Dapatkan ide’

Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman berikut:
7. Klik “Ide kata kunci”. Setelah itu Anda bisa mendownload semua kata kunci dengan klik bagian “Download”.
cara siset keyword


Dari data Google bisa Anda lihat bahwa pencarian per bulan untuk katakunci “cara memasukan  keyword” adalah 4.844. Setelah Anda berhasil mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci, nanti Anda tinggal menganalisa tingkat persaingannya apakah kata kunci itu mudah atau susah untuk Anda kalahkan.

Mencari kata kunci dengan persaingan rendah Dalam melakukan riset kata kunci untuk pemula, sangat di sarankan Anda mengincar kata kunci yang persaingannya rendah. Ini karena situs baru biasanya belum memiliki “pondasi” yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaingan dengan situs besar.

Long tail keyword

Satu hal yang perlu dipahami bagi pemula yaitu mengenai riset kta kunci long tail keyword atau kata kunci berekor panjang. Kata kunci long tail keyword biasanya memiliki tingkat saingan yang cukup rendah, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menaikkan kata kunci tersebut. Kalau situs anda berupa toko online (e-commerce) atau produk afiliasi, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Sebab seseorang yang mengetikkan long tail keyword biasanya memiliki niat membeli lebih tinggi.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA RISET KATA KUNCI DENGAN GOOGLE ADWORDS KEYWORD PLANNER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel