-->

CARA MENDAPATKAN BACKLINK YANG BERKUALITAS DARI GOOGLE

Assalamu'alaikum,,,Selamat beraktifitas untuk semu. Sebelum kita lanjutkan pembahasan mengenai teknik SEO dalam sebuah situs, di artikel-artikel sebelumnya sudah di terangkan mengenai baca " teknik-teknik SEO backlin yang keliru" kini admin ingin berbagi mengenai bagai mana membangun sebuah teknik backlink yang tepat sasaran.Namu sebelum melangkah ke pembahasan sebaiknya anda teahu dulu apa itu baclink??...

Backlink adalah sebuah tautan yang menuju ke situs-situs web yang berasal dari sumber referensi atau rekomendasi dari situs web lain. sedangkan pengertian sederhananya adalah sebuah tautan yang menuju ke situ web orang lain.
backlink

Untuk mendapatkan backlink itu ada dua, adayng didapatkan dengan cara manual adapula yang didapatkan dengan cara natural. Cara manual bearti seorang pemilik situs mendapatkan backlink dari situs dia sendiri, baik dengan cara menautkan situsnya ke situs yang ia miliki atau manautkan halaman satu ke halaman lainya yang terpenting ada link yang diarahkan ke luar dari halamannya. Cara yang kedua yaitu dengan cara natural yakni backlink tersebut didapatkan dari hasil rekomendasi orang lain. Sampai disi anda sudah paham!!.. ok kita lanjutkan

Dalam pembuatan baclink ada teknik-teknik tertentu loh, tidak sembarangan saja mencari /membuat baclik, jika dalam pencariannya itu asal-asalan maka otomatis situs yang anda kelola akan sepi dan tidak di respon oleh mesin pencari, untuk mengetahui teknik-teknik backlink yang keliru silahkan baca "Teknik-teknik SEO backlink yang keliru" . Oleh karena itu disini admin ingin berbagi mengenai beberapa teknik-teknik backlink yang jitu dan tepat silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Teknik-teknik Backling

1. Membuat Konten yang berkualitas

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tentunya konten situs anda juga harus berkualitas lagi, mau tahu kenapa?.. Suatu mustahil jika anda ingin mendapatkan backilnk yang berkualitas namun konten anda sendiri tidak berkualitas, sederhananya tidak ada orang yang mau merekomendasikan konten yang tidak berkualitas dan mesin pencari seperti google pun tidak bisa menilai apakah konten ada berkualitas atau tidak, walaupun google itu sendiri hanya sebuah mesin, apa lagi situs yang dikelola itu adalah seorang manusia. Lah terus bagai mana sih ciri-ciri konten itu berkualitas baik itu dinilai oleh manusia atau mesin pencari seperti google??...Sebenarnya sangatlah mudah menilai konten itu berkualitas atau tidak, sebagai contoh salah satu ciri konten itu tidak berkualitas adalah Ketika seseorang mengunjungi situs kita dan membaca artikel-ertikel didalamnya dia tidak merasa baetah berlama-lama. itu sebabnya konten itu merupakan pondasi awal membangun sebuah situs, kalau pondasinya kuat maka tentu umur situs itu akan lama, namun jika sebaliknya dipastikan situs tersebut akan gulung tikar.

2. Teknik Footprint

Teknik Footprint atau bisa juga disebut jejak adalah salah satu cara untuk membuat teknik backlink yang berkualitas karena akan sangat berguna untuk menemukan situs yang berkualitas terutama pada Domain .edu dan .gov loh kenapa hanya ada pada 2 domain tersebut?? alasannya adalah karena domain .edu dan .gov itu rata-rata mempunyai reputasi yang sangat baik di mesin pencari dan juga 2 domain tersebut mempunyai DA, PA, dan PR yang sangat tinggi, oleh karena itu kami sarankan untuk memanfaatkan keberadaan 2 domain tersebut. lalu bagaimana caranya??..

Cara untuk memanfaatkan dari 2 Domain tersebut sangatlah mudah, ada beberapa format atau sebuah perintah khusus yang bisa anda kaitkan di pencarian google, untuk contohnya silahkan lihat dibawah ini.

site: .gov " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .edu " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .com " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .net " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .org " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
keyword site: .edu inurl:blog "post a comment" -"you must be logged in"

Pada tingkat advenced Anda bisa menggunakan tool seperti Scrapebox untuk memudahkan pekerjaan Anda.

3. Tiru Backlink Milik Kompetitor

Pada teknik ini banyak sekali Praktisi SEO yang meniruhal seperti ini karena ini merupakan vaforit buat praktisi SEO, anda bisa melihat backlink milik kompetitor anda dengan menggunakan tools online Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.

Dengan menggunakan tool diatas, anda akan mendapatkan beberapa daftar backlink yang dimiliki oleh beberapa situs yang berkualitas, anda tinggal memilih backlink yang berkualitas, setelah ketemu silahkan anda menanam link disana.

Teknik ini memiliki potensi yang sangat besar, namun anda harus berhati-hati dengan jenis link spam, hindari situs yang kualitasnya rendah kalau adna tidk ingin menyesal dikemudian hari.

4. Guest Post

Guest post merupakan salah satu teknik link building white hat yang cukup mudah untuk didapatkan. Caranya dengan menjadi tamu pada situs-situs yang memiliki reputasi tinggi yang menyediakan fitur guest post atau guest blog.

Biasanya peraturan untuk memublikasikan sebuah konten adalah Anda tidak boleh melakukan linking yang diulang-ulang dan tidak relevan dengan artikel yang Anda buat. Jadi buatlah artikel di guest post yang relevan dengan artikel yang ada di situs Anda, lalu sisipkan sedikit link mengarah artikel atau situs Anda

ciri situs yang bagus untuk guest post

  • Sudah cukup berumur, lebih dari 1 tahun
  • Topiknya relevan dengan situs anda
  • Trafficnya cukup tinggi, bisa diperiksa di Alexa atau SimilarWeb
  • Pembacanya antusias, bisa dilihat dari komentar atau akun social-nya
  • Desainnya tidak berantakan dan kontennya berbobot

Backlink dari guest blogging sangat ampuh kalau berasal dari situs yang memiliki reputasi baik
Cara mendapatkan backlink melalui guest post adalah dengan membuat artikel yang orisinil alias belum pernah dipublikasikan di situs manapun, lalu Anda bisa menempatkan tautan ke situs Anda, baik ke homepage maupun ke dalam suatu halaman.

5. Posting di Forum

Forum merupakan sebuah tempat untuk berdiskusi tentang topik menarik. Di sana kita dapat bertanya-tanya atau mengemukakan pendapat mengenai suatu hal. Biasanya, forum menyediakan fitur posting, komentar dan beberapa menyediakan signature. Pada fitur signature ini kita dapat
memanfaatkannya untuk memberi tautan ke situs kita yang dapat menjadikannya backlink berkualitas.

Walau sebagian tidak memberikan fitur signature, kita tetap dapat memanfaatkannya dengan memberi tautan pada artikel yang kita buat. Tentunya pada forum yang mengizinkan tautan bersifat dofollow.
Berikut ini merupakan forum lokal yang memberikan izin untuk akses tautan dofollow:

6. Social bookmarking
Social bookmarking adalah sebuah situs yang memberi pelayanan di mana Anda dapat berbagi alamat situs Anda. Anda dapat membagikan tautan artikel ke dalam situs tersebut. Karena artikel Anda akan dilihat banyak orang, maka Anda juga mendapatkan bonus trafik dari sana.
Beberapa rekomendasi social bookmarking dofollow yang memiliki PR tinggi:

6. Tier Link Building

Pada tahun 2008, beberapa tier link building yang efektif meningkatkan otoritas situs telah diciptakan oleh beberapa praktisi SEO. Tier merupakan suatu teknik melakukan link ke situs lain secara berulang kali hingga akhirnya menuju ke situs utama. Teknik ini menggunakan spam, jadi kalau berlebihan menggunakannya bisa mendapatkan dampak buruk bagi situs web.

Ada beberapa jenis tier link building, yang paling populer di antaranya:

- Teknik Link Wheel
Merupakan teknik membangun tautan yang menyerupai alur roda (wheel). Dulu, cara ini sangatlah manjur dan digunakan oleh para webmaster untuk memenangkan kontes SEO. Namun sayang sekali bahwa link building ini sekarang mudah terdeteksi spam oleh Google. Bila Anda masih menggunakannya, situs Anda malah akan bermasalah.

Untuk membangun link building tipe wheel, Anda harus mempunyai banyak blog cadangan (dummy). Bila belum mempunyai, Anda dapat membuatnya, tapi ingat, jangan membuatnya hanya melalui satu blog saja, buat juga melalui Wordpress, Blogger, Tumblr dan lain-lain.
Setelah selesai membuat blog dummy, langkah selanjutnya Anda harus membuat artikel pada setiap blog dummy tersebut. Jangan lupa tautkan tautan ke situs utama Anda, berikan juga tautan 'naked' URL. Anda juga harus membuat artikel yang akan ditautkan ke blog satu dummy lainnya. Dan begitu pula seterusnya sampai akhirnya membentuk alur roda seperti pada gambar di bawah ini.
link wheel

- Teknik Pyramid Link
Teknik link building yang satu ini dipercaya banyak webmaster masih bermafaat dan bekerja pada tahun 2015. Saya pun masih menggunakan teknik link building ini untuk merangkingkan moneysite. Teknik ini menyerupai alur pyramid. Link building ini terbilang cukup mudah, dan hasilnya akan sangat powerful pada situs Anda.
piramid link

Cara melakukannya, Anda harus menyiapkan blog dummy, lebih baik blog dummy tersebut Anda kembangkan dan optimasi terlebih dahulu.

Cara membangun link building tipe pyramid ini:
  • Pertama Anda harus membuat artikel pada situs utama (yang akan di optimasi dan diberi backlink).
  • Setelah itu, Anda buat artikel pada blog dummy, dan artikel yang dibuat harus satu niche atau setopik dengan artikel situs utama atau beranda situs.
  • Sampai di sini sudah setengah jalan untuk link building pyramid ini, namun Anda masih bisa menyempurnakan lagi. Lebih baik artikel yang Anda buat pada blog dummy di submit ke sosial bookmarking yang sudah saya rekomendasikan di atas. Submit satu-persatu artikel pada blog dummy.
  • Setelah selesai, untuk lebih mantap lagi kita dapat share artikel dari blog dummy ke beberapa situs media sosial, atau forum juga bisa.
  • Finish, Anda berhasil menerapkan teknik backlink pyramid.
  • Tinggal menunggu hasil.
Catatan: lebih baik artikel yang dibuat pada blog dummy jangan di submit ke Google Webmaster, biarkan artikel Anda dirayapi oleh mesin pencari secara alami.

7. Beli Backlink Menggunakan Jasa

Sekarang sudah banyak situs web yang menyediakan jasa backlink untuk mendapatkan merangkingkan situs. Jika Anda tidak punya cukup waktu atau sudah putus asa dengan berbagai teknik di atas, Anda bisa membeli jasa backlink.

Memastikan kualitas backlink
Sekarang Anda sudah paham dasar-dasar memasang dan mendapatkan backlink. Sebenarnya masih ada banyak lagi teknik turunan yang belum saya sebutkan secara spesifik, karena akan sangat panjang dan bisa membuat Anda bingung.

Inilah indikator kualitas backlink:
1. Relevansi dengan topik situs anda
2. Reputasi dari situs tempat backlink dipasang
3. Sifat pengunjung di situs tersebut, apakah aktif atau pasif
4. Situs tersebut terkena penalti atau tidak dan apakah ada potensi terkena penalti

Selain 5 hal tadi, hindari pemasangan backlink di suatu situs kalau:
1. Pemilik situs mengajak bertukar link langsung
2. Harus membayar
3. Ada konten yang kategorinya dilarang (misalnya pornografi)
4. Link langsung muncul secara otomatis tanpa seleksi (untuk direktori)

Terakhir untuk bab ini, perhatikan tips berikut ini untuk menjamin kualitas backlink yang Anda bangun:
  1. Bangun link ke artikel/konten, bukan homepage
  2. Gunakan anchor yang beragam mulai dari nama situs, keyword, frase umum (“klik disini”, “situs ini”, dsb), dan tanpa anchor
  3. Gunakan konten yang berkualitas untuk guest blog dan content sharing platform
  4. Diversifikasi-kan jenis situs, jangan fokus dalam 1 situs atau di 1 jenis situs
Yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli jasa backlink adalah:
  • Pelajari reputasi penyedia jasa backlink.
  • Lihat testimoni dari mereka yang pernah menggunakan jasa backlink tersebut.
  • Hindari jasa backlink yang memberikan ribuan backlink dalam waktu singkat karena ini berpotensi spam.
  • Bandingkan harga beberapa penyedia jasa backlink agar Anda mendapatkan harga terbaik.

8. Manfaatkan Content Sharing Platform

Social bookmark merupakan salah satu content sharing platform yang sering diincar oleh pemilik situs baru. Tapi masih ada jenis content sharing platform yang lainnya seperti:
1. SlideShare – konten presentasi
2. YouTube & Vimeo – video
3. Lintas.me, VIVAlog – social bookmark, Indonesia
4. Reddit – social bookmark

Media tersebut sangat efektif untuk mempromosikan konten. Selain berupa link, Anda akan mendapat pengunjung.

9. Buat Konten Yang Berpotensi Viral

Jika Anda adalah orang yang kreatif dalam membuat gambar, video, atau musik, coba buat yang berpotensi menjadi viral. Konten yang populer akan mendapat ledakan pengunjung, jumlah share ke social media meningkat drastis, dan tentunya Anda akan mendapatkan backlink.

Seringkali 1 konten viral sudah cukup untuk membuat sebuah situs jadi populer. Infografis merupakan salah satu bentuk konten yang lebih mudah menjadi viral dibandingkan artikel biasa.

Pastikan situs Anda social media-friendly dengan cara menggunakan gambar/foto yang menarik, memasang tombol sharing, serta menggunakan meta Open Graph dan Twitter cards.

10. Lakukan Forum Marketing, Bukan Forum Spamming

Bagi seorang pemilik situs yang terobsesi dalam mencari backlink, forum biasanya dijadikan tempat spam. Itu cara yang keliru. Forum pada dasarnya merupakan wadah orang-orang yang ingin belajar.

Kalau salah satu konten Anda bisa membantu proses belajar mereka, manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan situs. Selain mendapatkan backlink dan pengunjung, reputasi situs Anda juga akan terbangun.
Lakukan beberapa hal ini:
  1. Temukan forum yang sesuai dengan topik utama Anda.
  2. Buat akun yang jelas, lengkapi data termasuk foto/avatar.
  3. Jawab setiap pertanyaan dari anggota forum dengan jawaban yang lengkap, buat mereka tidak perlu membaca jawaban dari orang lain.
  4. Ulangi selama beberapa hari sampai anggota forum kenal dengan Anda.
  5. Setelah ini barulah Anda bisa mulai sekali-sekali menaruh link situs.
Banyak situs yang sudah populer dulunya memanfaatkan forum dan situs komunitas ketika baru memperkenalkan situsnya. Karena memang forum merupakan tempat promosi yang paling mudah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "CARA MENDAPATKAN BACKLINK YANG BERKUALITAS DARI GOOGLE"


  1. Hello,

    we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


    Thanks
    Admin: E07.net

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel