-->

CARA MENGINTEGRASIKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE DAN GOOGLE ANALYSTICS DI BLOG

Sahabat tutorial, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang penggabungan antara google search console dan google analystics, namun sebelum kita masuk kepembahasan tersebut alangkah baiknya jika kita mengenal dulu apa itu google search console? apa itu google alaystics? dan apa tujuan dari penggabungan tersebut?

Google search console adalah salah satu layanan gratis dari Google yang ditujukan untuk para webmaster (pemilik blog atau website). Layanan ini bisa membantu webmaster yang ingin website-nya teroptimasi dan mempunyai struktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google (terutama dari sisi on-page). Bagi Anda yang fokus di bidang SEO, ini adalah salah satu tool wajib agar website-website yang Anda kelola senantiasa sesuai dengan guidelines Google.

integrasi google search console dan analystics

Google alaystics adalah sebuah layanan gratis yang diberikan oleh Google yang mana didalamnya menampilkan beberapa statistik pengunjung sebuah situs blog/web. Google Analytics juga dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk juga mesin pencari baik itu google, yahoo dan yang lainnya. Jika anda belum tau cara daftar google analystics silahkan ikuti panduan pembuatannya dengan klik ==> cara daftar dan memasang google analystics di blog

Baiklah karena kita sudah tahu tentang pengertian dari keduanya, sekarang kita akan membahas tujuan menggabungkan  Google Search Console dan Google Analytics.

Dengan mengintegrasikan Google Search Console dan Google Analytics, Anda bisa mendapatkan beberapa data tambahan baik itu di Google Search Console maupun di Google Analytics. Data tambahan ini tentunya tidak bisa Anda dapatkan jika tidak menghubungkan 2 layanan ini. Meskipun data tambahan ini sifatnya opsional, tapi tidak ada ruginya mengingat untuk menghubungkan 2 layanan ini juga sangat mudah silahkan simak langkah-langkahnya

  • Anda tinggal klik Menu Properti Google Analytics yang berada di pojok kanan, lihat gambar berikut
google analystics


  • Kemudian pilih Properti Web Analytics yang sesuai dengan website Anda dan klik "Simpan"
Properti Web Analytics


Demikian semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGINTEGRASIKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE DAN GOOGLE ANALYSTICS DI BLOG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel