-->

FAKTOR UNTUK MANAIKAN RANGKING BLOG

Dalam menentukan popularitas sebuah situs, Google menggunakan banyak faktor. Bahkan Moz.com menyebutkan bahwa ada lebih dari 200 faktor yang digunakan google untuk menentukan peringkat sebuah situs. Namun, dari sekian banyak faktor, ada faktor yang sangat dominan dalam menentukan peringkat sebuah situs di search engine: yaitu backlink. Dengan menguasai teknik satu faktor ini saja (yaiut teknik backlinking) maka Anda akan dengan mudah merangkingkan situs Anda di search engine.
seo blog

Berikut ini yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan teknik backlinking:

1. Utamakan Kualitas Backlink

Backlink yang berkualitas memberikan pengaruh yang jauh lebih kuat daripada yang tidak berkualitas. Apa yang menentukan kualitas backlink?
  • Page Rank situs/halaman situs
  • Reputasi situs
  • Kesamaan topik
  • Penempatan backlink dalam situs
  • Dofollow & nofollow
  • Umur backlink

Mengenai penempatan backlink, backlink yang memiliki kualitas terbaik ditempatkan di dalam teks. Atau disebut juga dengan contextual link. Hal ini karena Google bisa menilai kesesuaian backling dengan topik situs, kualitas halaman situs, dan lain sebagainya. Sehingga situs Anda mendapatkan poin lebih untuk kata kunci yang Anda bidik.

2. Variasi Anchor Text Dalam Backlink

Anchor text merupakan salah satu cara Google untuk menilai kata kunci yang Anda optimasi. Anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci. Situs Anda mendapatkan poin ekstra dalam teks yang digunakan sebagai anchor.

Namun demikian, penggunaan anchor yang sama berulang-ulang justru akan memberikan dampak negatif karena bisa dianggap spam oleh Google. Oleh karena itu, perlu Anda menggunakan variasi anchor text yang akan ditanami link agar terkesan natural di mata search engine. 
Sebagai saran dari saya gunakan variasi:
  • Brand : misal “IM Emperor” >> 50%
  • Naked Url: misal IMemperor.com >> 30%
  • Partial dan exact: 20% (bisa Anda variasikan dengan general anchor text)

3. Jumlah backlink

Meskipun kualitas backlink adalah yang utama, namun kuantitas juga penting. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin baik. Hanya saja kuantitas harus sejalan dengan kualitas. Kalau Anda hanya mendapatkan backlink dari situs yang tidak memiliki reputasi, ini tidak terhitung sebagai faktor positif.

4. Diversifikasi Backlink (Keragaman Backlink)

Ada banyak jenis backlink seperti web 2.0, blog comment, profile, social bookmark, articel directory, advertorial, dsb. Terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak akan memberikan efek yang optimal.

Tujuan dari diversifikasi backlink adalah agar backlink Anda terkesan natural di mata search engine. Secara logika, kalau Anda mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam. Inilah mengapa mesin pencari menggunakan keragaman sebagai faktor.

5. Aktivitas Sosial

Saat ini pengaruh social media sangat besar terhadap situs Anda. Situs yang aktif dalam situs sosial seperti sosial media dan jejaring sosial pada umumnya adalah situs populer.
Aktivitas sosial suatu situs dapat dilihat salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial.

7. Faktor Kepuasan Pengguna

Sejak Google menerapkan personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:
  • Tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu situs
  • Negara dan bahasa
  • Apakah suatu situs pernah di-share oleh temannya
  • dsb

Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari tidak pernah mengeluarkan daftar resmi faktor yang berpengaruh terhadap peringkat, karena itu faktor-faktor di atas didapatkan secara empiris

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "FAKTOR UNTUK MANAIKAN RANGKING BLOG "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel