-->

TAMPILAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

Google Search Console adalah salah satu layanan gratis dari Google yang ditujukan untuk para pemilik blog atau website. Layanan ini bisa membantu webmaster yang ingin website-nya teroptimasi dan mempunyai struktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google terutama dari sisi on-page. Bagi Anda yang fokus di bidang SEO, ini adalah salah satu tool wajib agar website-website yang Anda kelola senantiasa sesuai dengan guidelines Google.

Google Search Console mempunyai banyak fitur yang bisa kita manfaatkan. akan tetapi tidak semua dari  Fitur-fitur ini harus dimanfaatkan, hannya sebagian saja  yang bisa kita manfaatkan.
Berikut ini Fitur-fitur yang ada pada Google Search Console di sebelah kanan, silahkan di simak dan semoga bisa dipraktekan.
google search console

Di sebelah kiri layar , ada 8 menu utama  diantaranya adalah :

1. Dashbor (Dashboard)
Disini Anda bisa melihat ikhtisar (rangkuman) dari statistik website. Statistik yang tampil disini biasanya adalah "Kesalahan Perayapan", "Telusuri Analytics" dan "Peta Situs".

2. Pesan (Messages)
Jika Ada isu-isu penting terkait dengan website Anda biasanya akan ada pemberitahuan disini.

3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)
Menu ini nantinya berkaitan langsung dengan bagaimana website Anda tampil di halaman pencarian Google. Tampilan Penelusuran terdiri dari beberapa sub-menu


  • Data Terstruktur (Structured Data)

Sub-menu ini menampilkan data terstruktur dari website Anda berdasarkan Schema.org yang terdeteksi oleh Google. Jika ada halaman dengan data terstruktur yang error, juga akan ditampilkan di sub-menu ini.

Tidak semua website membutuhkan data terstruktur. Data terstruktur biasanya dipakai oleh web-web besar untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih user friendly di search engine. Sedangkan untuk web-web kecil, data terstruktur yang paling sering ditampilkan adalah breadcrumb.

  • Kartu Rich (Rich Cards)

Hampir sama seperti data terstruktur, Kartu Rich memberikan opsi tampilan yang lebih variatif di search engine, yaitu dalam bentuk carousel.

  • Penyorot Data (Data Highlighter)

Masih berhubungan dengan dua sub-menu diatas (Data Terstruktur dan Kartu Rich), Penyorot Data digunakan untuk merubah rich snippet yang tampil di hasil pencarian Google secara manual tanpa harus merubah kode/script yang ada di website Anda.
Jika web Anda tidak mempunyai structured data seperti reviews, event, atau local business listings, Anda tidak membutuhkan fitur ini.


  • Penyempurnaan HTML (HTML Improvements)

Sub-menu Penyempurnaan HTML memperlihatkan masalah-masalah yang terjadi di website Anda ketika robot Google melakukan crawling dan indexing. Pada menu Penyempurnaan HTML ini ada beberapa  elemen penting yang akan  disorot diantaranya adalah :

  1. Masalah pada Judul (Title problems) : Masalah pada Judul/Title di website Anda, seperti duplikat title tag, title yang terlalu pendek, title yang terlalu panjang, title yang hilang dan sebagainya.
  2. Masalah pada Deskripsi (Meta description problems) : Masalah pada meta deskripsi di website Anda, seperti meta deskripsi yang duplikat, meta deskripsi yang terlalu pendek, dan sebagainya.
  3. Masalah pada konten yang tidak terindex (Non-indexable content) : Masalah pada konten yang tidak terindex di website Anda seperti video, gambar, dan sebagainya.


  • Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages)

Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages) atau biasa disingkat AMP adalah proyek open source terbaru dari Google yang bertujuan untuk membuat website menjadi lebih ringan dan cepat ketika diakses dari perangkat mobile. Jika Anda sudah menerapkan AMP di website Anda, maka di sub-menu ini Anda akan melihat jumlah halaman AMP yang sudah di indeks oleh Google, termasuk halaman-halaman AMP yang terdeteksi mengalami error.

4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)
Menu ini berkaitan langsung dengan website Anda mulai dari trafik, backlink, internal link dan sebagainya. Lalu Lintas Pada Lalu lintas Penelusuran ini ada 6 sub-menu

1. Telusuri Analytics (Search Analytics)
Sub-menu ini adalah salah satu fitur paling penting yang ada di Google Search Console. Disini Anda bisa melihat data statistik kunjungan (trafik) yang masuk ke website mulai dari kueri atau kata kunci yang digunakan pengunjung, jumlah klik, rasio klik-tayang (RKT) atau yang lebih dikenal dengan istilah CTR, hingga posisi/peringkat website Anda di search engine untuk tiap-tiap kata kunci yang dipakai pengunjung.

2. Tautan ke Situs Anda (Links to Your Site)
Sub-menu ini menampilkan data-data tentang backlink yang masuk ke website Anda.
Website yang paling banyak memberikan backlink, halaman di website Anda yang paling banyak mendapat backlink dan anchor text - anchor text dari backlink tersebut ada disini.

3. Tautan Internal (Internal Links)
Sub-menu ini menampilkan data internal link (link antar halaman) di website Anda.

4. Tindakan Manual (Manual Actions)
Sebaiknya Anda berharap isi dari sub-menu ini selalu kosong. Karena jika ada peringatan tindakan manual disini, berarti website Anda terindikasi webspam dan harus siap 'bersih-bersih' agar terhindar dari penalty.

5. Penargetan Internasional (International Targeting)
Sub-menu ini digunakan untuk menargetkan pengunjung website Anda berdasarkan setelan lokasi dan bahasa.
Di sub-menu ini ada 2 tab yaitu "Bahasa" dan "Negara". Untuk tab "Bahasa" tidak perlu Anda setting apa-apa jika website Anda hanya terdiri dari satu bahasa. Lain halnya jika Anda mempunyai web berbahasa Inggris, kemudian Anda ingin membuat versi bahasa Indonesia dari website tersebut misalnya saja di directory namadomain.com/id. Jika seperti ini, Anda harus menggunakan tag hreflang="id" dibagian header dari namadomain.com/id tersebut. Di bagian "Negara", Anda bisa memilih negara sesuai dengan pengunjung website yang Anda target.
6. Kebergunaan Seluler (Mobile Usability)
Sub-menu ini menampilkan halaman-halaman di website Anda yang masih belum mobile-friendly disertai dengan permasalahannya.
Berikut ini masalah-masalah atau isu yang sering terjadi berkaitan dengan kebergunaan seluler :

  1. Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan satu sama lain
  2. Area pandang tidak disetel
  3. Teks terlalu kecil untuk dibaca
  4. Konten lebih lebar dari layar
  5. Google Indeks (Google Index)

Google Indeks menampilkan berbagai macam data dari hasil crawling dan indexing bot Google di website Anda. Pada menu ini ada beberapa sub Menu

Untuk keterangannya silahkan simak di bawah ini

1. Status Indeks (Index Status)
Sub-menu ini menampilkan jumlah halaman di website Anda yang sudah di index Google. Disini Anda juga bisa melihat jumlah halaman yang dicekal (halaman yang tidak dimasukkan index karena dibatasi oleh robots.txt).

2. Sumber Daya yang Diblokir (Blocked Resources)
Sub-menu ini menampilkan resources yang diblokir di website Anda (dari robots.tx) seperti javascript, CSS, JQuery, file image dan sebagainya.
Pastikan Anda tidak memblokir akses ke berbagai resources di website Anda melalui robots.txt agar robot Google bisa dengan mudah melakukan crawling dan indexing.
3. Hapus URL (Remove URLs)
Sub-menu ini digunakan jika Anda ingin menghapus salah satu halaman di website Anda dari indeks Google.
Jika Anda mempunyai halaman yang menurut Anda tidak SEO friendly, konten yang seharusnya tidak tampil di mesin pencari dan sebagainya, Anda bisa menggunakan fitur ini.

7. Perayapan (Crawl)
Menu ini menampilkan segala hal berkaitan dengan perayapan (crawl) yang dilakukan oleh robot Google di website Anda. Menu Perayapan terdiri dari beberapa sub-menu yaitu :

1) Kesalahan Perayapan (Crawl Errors)
Sub-menu ini menampilkan data kesalahan yang terjadi di website Anda ketika robot Google melakukan perayapan dalam 90 hari terakhir seperti kesalahan DNS, konektivitas server, pengambilan robots.txt, halaman-halaman 404, dan sebagainya.

2) Statistik Perayapan (Crawl Stats)
Sub-menu ini menampilkan statistik perayapan dalam 90 hari terakhir mulai dari halaman yang dirayap perhari, data yang diunduh perhari dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah halaman.

3) Ambil sebagai Google (Fetch as Google)
Sub-menu ini berfungsi untuk mensimulasikan cara robot Google (Googlebot) merayapi dan merender (menyajikan dalam bentuk visual) website Anda.
Sub-menu ini juga biasa digunakan para pemain SEO untuk mempercepat indexing website mereka.

4 )Penguji robots.txt (robots.txt Tester)
Sub-menu ini digunakan untuk menguji apakah file robots.txt di website Anda sudah benar dan tidak memblokir halaman/resource yang penting.
Jika Anda ingin menghalangi Googlebot merayapi salah satu direktori di website Anda, Anda bisa mengaturnya melalui robots.txt dan menguji pemblokiran tersebut sudah benar atau belum di sub-menu ini.

5) Peta Situs (Sitemaps)
Sub-menu ini digunakan untuk mengirim peta situs (sitemap) agar Googlebot lebih mudah menemukan halaman-halaman baru di website Anda.

6) Parameter URL (URL Parameters)
Seperti peringatan yang ada di sub-menu ini : Gunakan fitur ini hanya jika Anda yakin bagaimana parameter bekerja. Kesalahan mengecualikan URL dapat menyebabkan banyak laman tidak muncul dalam penelusuran.

8. Masalah Keamanan (Security Issues)
Jika ada masalah penting tentang keamanan di website Anda, biasanya ada pemberitahuan di menu ini. Masalah keamanan yang paling sering terjadi adalah adanya malware, script-script mencurigakan atau situs yang diretas (hacking).

9. Sumber Daya Lainnya (Other Resources)
Menu ini menampilkan layanan-layanan Google lainnya yang bisa Anda pakai untuk membantu mengoptimalisasi website Anda.

10. Layanan-layanan tersebut antara lain :

  1. Alat Pengujian Data Terstruktur (Structured Data Testing Tool)
  2. Pemandu Markup Data Terstruktur (Structured Data Markup Helper)
  3. Penguji Markup Email (Email Markup Tester)
  4. Google Bisnisku (Google My Business)
  5. Google Merchant Center
  6. PageSpeed Insights
  7. Penelusuran Khusus (Custom Search)
  8. Google Domain (Google Domains)
  9. Akademi Webmaster (Webmaster Academy)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TAMPILAN GOOGLE SEARCH CONSOLE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel