-->

TAMPILAN GOOGLE SEARCH CONSOLE SEBELAH KIRI DASHBOARD

Google Search Console adalah salah satu layanan gratis dari Google yang ditujukan untuk para pemilik blog atau website. Layanan ini bisa membantu webmaster yang ingin website-nya teroptimasi dan mempunyai struktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google terutama dari sisi on-page. Bagi Anda yang fokus di bidang SEO, ini adalah salah satu tool wajib agar website-website yang Anda kelola senantiasa sesuai dengan guidelines Google.

google console

Google Search Console mempunyai banyak fitur yang bisa kita manfaatkan. akan tetapi tidak semua dari  Fitur-fitur ini harus dimanfaatkan, hannya sebagian saja  yang bisa kita manfaatkan.
Melanjutkan Pembahasan mengenai " Tampilan Google Search Console " (Fitur-fitur yang ada di sebelah kanan)  Berikut ini Fitur-fitur yang ada pada Google Search Console di sebelah kiri, silahkan di simak dan semoga bisa dipraktekan. lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya

menu google search console


Jika Anda mengklik pada ikon gear (seperti tampak pada gambar dibawah), Anda akan menemukan 7 pengaturan untuk Google Search Console yaitu :
1. Search Console Preferences (Preferensi Search Console)
2. Site Settings (Setelan Situs )
3. Change of Address (Perubahan Alamat)
4. Google Analytics Property (Properti Google Analytics)
5. Users and Property Owners (Pengguna dan Pemilik Properti)
6. Verification Details (Detail Verifikasi)
7. Associates (Pengaitan)

Baiklah kita bahas satu persatu dari 7 menu diatas


  • Preferensi Search Console (Search Console Preferences)

Untuk berhenti menerima notifikasi email tentang website Anda dari Google Search Console, Anda bisa mengaturnya di menu ini.

  • Setelan Situs (Site Settings)

Menu ini digunakan untuk menentukan url website yang ingin diindex (menggunakan www atau tanpa www) dan tingkat perayapannya (crawling).
Kecuali Anda mempunyai 2 tipe url yang didaftarkan ke Google Search Console (http://domain.com dan http://www.domain.com) maka menu ini sebaiknya biarkan default saja.

  • Perubahan Alamat (Change of Address)

Menu ini digunakan jika Anda ingin memindahkan website Anda ke domain baru.

  • Properti Google Analytics (Google Analytics Property)

Menu ini digunakan untuk mengintegrasikan akun Google Search Console dengan Google Analytics.

  • Pengguna dan Pemilik Properti (Users and Property Owners)

Menu ini digunakan untuk memberi akses kepada orang lain agar bisa mengelola website Anda di Google Search Console. Anda bisa memilih untuk memberinya akses terbatas atau akses penuh.

  • Detail Verifikasi (Verification Details)

Menu ini menampilkan detail verifikasi yang sudah Anda lakukan pada website Anda di Google Search Console, termasuk juga metode yang Anda gunakan.

  • Pengaitan (Associates)

Menu ini digunakan untuk mengaitkan properti Google Anda yang lain dengan website Anda di Search Console. Sebagai contoh, Jika Anda mempunyai aplikasi Google Play untuk website Anda, Anda bisa mengaitkannya disini.

Demikian Pembahasan kali ini semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TAMPILAN GOOGLE SEARCH CONSOLE SEBELAH KIRI DASHBOARD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel