-->

CARA OPTIMASI HALAMAN DAN KONTEN WEBSITE

Dalam tehnik SEO konsep optimasi on-page adalah salah astu hal yang paling mendasar yang harus anda pahami sebelum anda memahami optimasi off page. Inti dari optimasi on-page sebetulnya sangat sederhana, ok ! saya kasih gambaran, didalam benak hati anda mungkin bertanya ," Saya sudah melakukan optimasi untuk mesin pencari, kenapa malah fokus ke pengunjung??...nah jawaban dari pertanyaan itu adalah jika anda terlalu fokus untuk mesin pencari bisa jadi artikel yang sudah anda buat disukai oleh mesin pencari, akan tetapi jika anda berfokus kepengunjung maka secara tidak langsung artikel yang sudah dibuat itu sangat disukai oleh mesin pencari. Loh ko begitu??...Mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung itu puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
optimasi seo

Tujuan anda mengoptimasi on-page adalah agar :

  1. Situs yang anda kelola bisa bermanfaat untuk pengunjung
  2. Memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam melakukan eksplorasi
  3. Memberikan kenyamanan kepada pengunjung sehingga pengunjung merasa betah dan mau berlama-lama dalan situs anda
  4. Memberikan kemudahan kepada mesin pencari dalam memahami struktur situs anda
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung situs, saya akan membahas satu persatu dari setiap kategori di bawah ini:
  1. Konten
  2. Judul
  3. Keyword
  4. URL
  5. Meta Discription
  6. Media Gambar
  7. Outbound link
  8. Internal link
  9. Social Sharing
  10. Kecepatan situs
Baiklan untuk penjelasan pada kategori yang pertama adalah :

1. Konten 

Kalau anda perhatikan dengan teliti bahwa yang namanya konten adalah suatu komponen yang utama yang harus ada dalam halaman situs, itu artinya konten yang anda miliki harus benar-benar berkualitas lebih baik karena konten ini memegang peran penting dalam optimasi on-page. Baik saya kasih gambaran ciri-ciri situs yang mempunyai konten berkualitas adalah:
  1. Memberikan manfaat yang maksimal bagi pengunjung situs
  2. Terperinci dan lengkap
  3. Situs selalu disimak oleh pengunjung dalam jangka waktu yang panjang
  4. Bisa membangkitkan perasaan kagum, terhibur dan bahagia dari pengunjung
  5. Bisa memberikan solusi dari permasalahan pengunjung
Semakin kedepan mesin pencari seperti google, yahoo dan yang lainnya akan memperbaharui algoritma-nya sehingga mereka akan semakin memahami kualitas dari konten situs anda, untuk itu anda harus berhati-hati dalam menerbitkan konten bagi situs anda.

2. Keyword

keyword

Keyword adalah kata kunci agar situs yang kita kelola lebih SEO, tepat sasaran dan tentu lebih mudah dalam perayapan mesin pencari. Ketika anda melakukan pencarian dengan menulis di google atau yahoo, maka google atau yahoo akan menampilkan hasil dari pencarian yang berhubungan dengan keyword tersebut. Semkin relevan dengan keyword semakin tinggi pula situs anda dalam peringkatnya. Jadi, mengoptimasi halaman situs otomatis akan mengoptimasi keyword. Stiap halaman situs anda harus dioptimasi paling tidak untuk satu kunci dalam konten situs anda baik di judul, deskripsi, dan di URL, dengan pengoptimasian tersebut pengunjung dan mesin pencari akan langsung memahami isi dari halaman situs anda

3. Judul Halaman

Dalam membuat judul halaman sebaiknya buatlah judul halaman yang mengandung klik, kerna apa??..karena judul adalah sebuah elemen halaman yang pertama kali di baca oleh pengnjung yang sedang mencari sesuatu di mesin pencari, kalau anda membuat judul yang dibutuhkan oleh pengunjung otomatis jumlah klik dalam situs anda akan bertambah.Terus bagaimana cara membuatnya??..baiklah akan saya coba terangkan, ebenarnya dalam mbuat optimasi judul halaman sangatlah mudah, misalnya kita akan membuat judul halaman "belajar SEO", maka judul halamanya bisa "Belajar SEO itu mudah" atau "Belajar SEO itu mudah dan menyenangkan". akan teteapi semua itu belum dirasa cukup untuk mengoptimasi halaman karena masih ada penempatan kata kunci seperti keterangan diatas. Yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword akan tetapi mengoptimasi akan ketertarikan manusia.

4. URL

url

URL merupakan kependekan dari"Unifrom Resource Locator" . Pengertian URL sendiri adalah  sebuah rangkaian karakter menurut format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file dan gambar yang terdapat di internet. Meskipun pengaruhnya tidak besar akan tetapi jika URL tersebut mengandung kata kunci maka otomatis dapat mempengaruhi peringkat situs anda di mesin pencarian.Oleh sebab itu buatlan URL yang mendeskripsikan konten, yang lebih baik lagi jika URL itu mengandung keyword utama.

5. Meta Discription

meta discription

Meta Discription adalah sebuah kalimat yang muncul dalam hasil pencarian di bawah judul baik itu 1 kalimat atau lebih. Akan tetapi Meta Discription tidak terlalu penting dalam mempengaruhi rangking halaman nada, selainitu Meta Discription yang anda tulis dalam plugin SEO juga kadang tidak muncul di hasil pencarian, karena google lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman.
Meski demikian, tidak ada salahnya untuk bagian ini anda optimasi juga karenna dengan Meta Discription yang menarik kemungkinan orang yang sedang mencari sesuatu di mesin pencari akan tertarik untuk mengunjungi halaman anda karena menariknya Meta Discription yang anda optimasi.

6. Gambar

Dalam pemberian gambar di dalam halaman nada sebaiknya gambar yang akan di tempatkan itu harus berkualitas dan berukuran Optimal, saya kasih contoh jika kita mencari informasi dan menemukan sebuah situs yang kita cari akan tetapi dalam situs tersebut tidak ada gambar sama sekali isinya teks semua, pasti sangat membosannkan, oleh karena itu gambar maupun vidio bisa jadi nilai tambah untuk situs anda.
Sedikit Tips untuk emberikan gambar di halaman situs
  1. Sebaiknya gunakanlah gambar yang relevan dengan konten yang anda buat
  2. Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak terlalu besar
  3. Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang di tampilkan
  4. Gunakan Alat untuk meng-kompres gambar agar supaya optimal
  5. Tambahkan atribut alt ketika meletakan gambar  

7. Outbound link

Outbound link atau link referensi kesitus lain ini bisa membantu situs Anda jika aitus anda masih tergolong baru. Google, sebagai pusat informasi tentunya ingin menyediakan konten-konten yang terpercaya agar informasinya tidak menyesatkan banyak orang. Oleh karena itu, karena situs Anda masih baru, Google menganggap isinya belum bisa dipercaya. Karena belum dipercaya, maka akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi. Link ke situs lain yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten Anda jadi lebih baik.

8. Internal link

Internal link atau link antar halaman ini sangatlah membantu pengunjung dalam mengunjungi halaman-halaman anda. Dalam istilah SEO ada yang namanya bounce rate. Bounce artinya ketika seseorang masuk ke situs anda, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun. Jika hal itu ada pada situs anda bisa dipastikan situs anda akan sepi pengunjung dan akan menyebabkan situs anda akan gulung tikar. Oleh sebabitu bounce rate menjadi salah satu faktor bagi Google untuk menilai tingkat kepuasan pengunjung terhadap situs Anda.

9. Social Sharing

social sharing

Meskipun Google tidak menganggap jumlah share sebagai faktor penentu peringkat di Google, akan tapi bukan berarti social sharing tidak lah penting untuk situs anda.Baiklah akan saya kasih tau manfaatnya menggunakan social sharing ini di antaranya adalah :
  1. Mendapat tambahan pengunjung
  2. Branding agar situs Anda mudah dikenal
  3. Faktor kepuasan bertambah tinggi
  4. Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink secara alami
Dibandingkan SEO, social media akan membangun brand situs Anda dengan lebih cepat. Inilah efek dari social media terhadap SEO. Ketika situs Anda sudah dikenal, maka orang-orang akan mencari situs Anda lewat Google. Karena banyak yang mencari lewat Google, itu artinya reputasi situs Anda akan dianggap bagus oleh Google. Oleh karena itu, pasang tombol share di situs Anda.

10. Kecepatan Situs

Situs yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik. Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari. Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam situs yang waktu loadingnya sangat singkat. Berikut ini beberapa hal yang dapa mempengaruhi kecepatan sebuah situs diantaranya :
  1. Kualitas hosting yang digunakan
  2. Jenis theme atau template yang digunakan
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung
Anda bisa menguji kecepatan situs Anda melalui Google Page Speed Test. Lakukan perbaikan kalau skornya di bawah 75.

Baiklah saya cukupkan sampai disini pembahasan kali ini, kalau ada umur panjang akan kita lanjutkan lagi pembahasan nya. Demikian semoga bermanfaa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA OPTIMASI HALAMAN DAN KONTEN WEBSITE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel